30 Kebiasaan dan Kemampuan Pemimpin Sejati yang Wajib Dimiliki Setiap Orang Sukses

Minggu, 29 Mei 2011

Menjadi Team Leader yang Dihargai

Perusahaan besar hanya bisa terwujud dari tim yang hebat, dan peran pemimpin menjadi ujung tombaknya. Sebagai team leader dalam unit kerja di perusahaan, apakah Anda berhasil mendorong kinerja untuk mencapai target yang diinginkan?
Menurut Yusa Aziz, Coach dan CEO iCOACH, dibutuhkan kepemimpinan yang kuat untuk membangun tim hebat dan memberikan hasil kerja maksimal. Pemimpin yang kuat harus menunjukkan kemampuan memberikan arahan (direction), pengambil keputusan (decide) dan pendelegasian (delegate).
Artinya pemimpin harus tegas memberikan arahan kepada timnya, dan tidak menyerahkan bagaimana baiknya kepada tim. Pengambilan keputusan yang cermat dan tegas juga ada di tangan pemimpin, dan selanjutnya memberikan kewenangan kepada tim untuk menjalankan.
“Kesalahan terbesar dalam kepemimpinan adalah vakum, menunda, dan tidak ada arah,” papar Yusa, dalam seminar yang digelar oleh Share Positive Mind dan iCOACH beberapa waktu lalu.
Yusa menerangkan, untuk mendapatkan hasil yang sesuai target, rencana kerja yang jelas, dan menumbuhkan kecintaan serta tanggungjawab tinggi dari tim kerja, dibutuhkan karakter pemimpin yang kuat.
Untuk memiliki karakter kepemimpinan yang kuat, pemimpin tim perlu memahami karakter tim kerja lebih dahulu, yakni:
* Tim Anda perlu diarahkan oleh pemimpinnya.
* Tim membutuhkan hirarki.
* Tim membutuhkan struktur yang jelas.
* Tim membutuhkan kejelasan dalam menjalankan rencana kerja.
* Tim membutuhkan ruang untuk bertumbuh.
* Tim membutuhkan penghargaan (reward) atas prestasinya.
Jika sudah begini, sebagai pemimpin Anda tak sekadar disukai, namun mendapat penghargaan (respect) dari tim. Apalagi jika sebagai pemimpin Anda tidak pelit mengakui dan memberikan penghargaan atas kinerja tim yang memberi hasil maksimal. Loyalitas dan dedikasi dari tim akan menjadi ganjaran atas kemampuan Anda memimpin tim kerja.

sumber : http://informasidantips.com/search/pemimpin+yang+baik+dan+berhasil/

Kualitas Pemimpin yang Dikagumi

Banyak cara menuju puncak karier. Namun, begitu tiba di atas, tak banyak yang bisa menghayati dan menjalani peran seorang pimpinan dengan baik. Berikut adalah 8 atribut yang membedakan seorang pemimpin berhasil karena kualitas dari pemimpin yang berhasil menempati posisi puncak karena keberuntungan (kebetulan).
Kepemimpinan Artinya Mampu Memimpin Diri Sendiri
Memerintah atau menyuruh orang lain sama mudahnya dengan membagi-bagikan kartu nama. Namun seorang pemimpin yang bijaksana, ia juga harus tahu bagaimana cara memimpin dirinya sendiri. Tak hanya untuk memberikan contoh bagi orang lain, tapi juga sebagai orang yang menggerakkan roda bisnis perusahaan. Sangat penting bagi seorang pemimpin memiliki kemampuan untuk fokus dan memotivasi dirinya sama ketika ia memotivasi orang lain, saran Larraine Segil, pengajar edukasi eksekutif di California Institute of Technology, Pasadena, AS.
Jangan Menjadi Diktator
Amat penting untuk tidak melihat perusahaan yang dipimpin sebagai sebuah kerajaan kecil. Ketika roda perusahaan sudah bergulir dengan baik untuk beberapa saat, ini berarti Anda sudah memiliki tenaga-tenaga yang berbakat. Karenanya, disarankan untuk berhati-hati dalam melangkah. Jangan sampai Anda seperti membangun sebuah kerajaan kecil milik Anda di dalam perusahaan. Sebagai pemimpin, usahakanlah untuk memandu karyawan Anda, namun jangan mengimplementasikan parameter lebih dari yang diperlukan. Penting untuk bisa memandu bawahan Anda dan untuk menciptakan atmosfer agar mereka bisa percaya kepada Anda untuk memandu mereka.
Terbuka untuk Mencoba Hal Baru
Salah satu ranjau potensial dari sebuah perusahaan yang sedang berkembang adalah rutinitas dan stagnasi. Memang sulit untuk mau mulai menjajaki hal baru dan mencoba untuk mengubah apa yang sudah ada ketika segalanya sudah berjalan damai Padahal, kepemimpinan yang bijaksana harusnya bisa dan mau melakukan perubahan yang disesuaikan dengan zaman demi perbaikan dan perkembangannya sendiri.
Bhineka Tunggal Ika
Menurut situs MSN, saat ini karyawan dari perusahaan-perusahaan sudah sangat beragam. Jika dahulu karyawan perusahaan didominasi oleh pria berkulit putih, tapi sekarang latar belakang karyawan sudah bercampur, baik secara gender, suku, ras, dan kultur. Tak sedikit pula perusahaan yang sukses dimotori oleh karyawan-karyawan yang latar belakangnya beragam. Pemimpin yang bijaksana akan berusaha untuk memenuhi hal ini semampunya. Kompetisi, yakni sebuah dorongan konstan untuk menyelesaikan tugas lebih cepat, lebih baik, dan lebih murah merupakan sebuah mandat yang kita coba pelajari dan laksanakan secara efektif dengan adanya perbedaan di kantor. Sebuah perusahaan yang berusaha menggabungkan dan mengapresiasi perbedaan ke dalam kultur perusahaannya akan membuat dirinya lebih kuat dan memiliki daya bertahan yang lebih baik.
Bangun Komitmen yang Baik
Bangun dan buktikan bahwa Anda memiliki komitmen. Rancang rencana yang masuk akan dan meyakinkan untuk mencapai tujuan akhir Anda. Jangan lupa untuk membuat tabel waktu yang masuk akal untuk merampungkan tujuan tersebut.
Selesaikan Pekerjaan
Kebanyakan pimpinan senang mengutarakan rencana besar mereka, tapi berapa banyak dari para bos ini yang benar-benar bisa menyelesaikan apa yang mereka katakan? Pimpinan yang tak bisa menyelesaikan atau membuktikan perkataannya akan kehilangan kepercayaan dari anak buah dan pelanggannya. Kemampuan untuk menyelesaikan tugas dan hal-hal yang dikatakan sangat krusial. Cobalah untuk membangun tujuan dan ukur kemampuan Anda untuk bisa menyelesaikannya.
Apresiasi Tulus
Seorang pimpinan harus bisa bersikap tegas, sekaligus juga bisa mengayomi dan bijaksana. Jika ada anak buah yang mampu menyelesaikan target, Anda pun harus bisa menyampaikan apresiasi Anda kepadanya. Pimpinan yang memiliki pandangan ke depan harus bisa dan mau memberikan pujian dengan imbalan setimpal yang benar-benar diwujudkan, seperti promosi, kenaikan gaji, bonus, dan lainnya. Hal semacam ini akan memotivasi karyawan, tak hanya untuk membuat produktivitas mereka meningkat, tapi juga keinginan untuk setia kepada perusahaan lebih lama.
Kemauan untuk Terus Belajar
Tak sedikit eksekutif bisnis percaya bahwa kemampuan kepemimpinan datang dari sebuah pencerahan atau hadiah dari langit. Tentu, ide-ide bagus bisa datang kepada kita begitu saja, namun, untuk menjadi seorang pemimpin yang hebat, ia harus mau untuk terus belajar. Bacalah buku mengenai kepemimpinan yang efektif, datangi seminar, atau apa pun itu. Akan butuh kerja keras dan upaya, namun akan menjadi keuntungan untuk Anda di kemudian hari.

sumber : http://informasidantips.com/search/pemimpin+yang+baik+dan+berhasil/

Menjadi pemimpin yang rendah hati

Seorang pemimpin dalam bidang apapun, apakah dalam bisnis, pemerintahan, mayarakat maupun lainnya, sebaiknya menyadari bahwa kedudukan dan jabatan yang disandangnya sesungguhnya adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan, baik kepada anggota yang dipimpinnya maupun kepada Tuhan. Maka ketika berhasil menduduki posisi pimpinan, apakah dalam pemerintahan, Bisnis, masyarakat, maupun organisasi lainnya, sebaiknya tidak melalaikan amanah sebagai pemimpin yang melayani anggota dan masyarakat yang dipimpinnya. Seorang pemimpin, perlu mengembangkan sikap kepemimpinan yang melayani atau dalam istilahnya sekarang adalah "servant leader" .

Sayangnya dewasa ini banyak sekali pemimpin yang kurang menyadari amanahnya dan lebih berorientasi pada tujuan pragmatisme dan nilai-nilai kemewahan seperti mengejar harta kekayaan. Pemimpin yang berorientasi pada nilai-nilai kemewahan dan materialisme, akan cenderung dikendalikan oleh nafsu dan ego pribadinya. Maka tidak heran ketika sedang memegang kekuasaan, yang dipikirkan adalah apa yang dapat diambil dengan posisinya saat ini, apa yang
dapat diperoleh bagi keuntungannya dari orang lain, bukan bertanya apa kebaikan yang dapat diberikan pada orang lain.

Pemimpin yang berorientasi pada nilai-nilai materialisme dan kemewahan duniawi, cenderung mudah menyalahgunakan kekuasaan untuk tujuan kepentingan pribadinya, untuk tujuan kekayaan harta. Bagaimana akhir kehidupan mereka? Banyak diantara mereka yang masa tuanya tidak hidup damai, malah gundah gulana karena dijerat hukum. Karena sesungguhnya meraih kemuliaan dengan dibungkus materi hanyalah semu dan tipuan belaka.

Pemimpin seperti ini menganggap bahwa melayani orang lain dirasakan sebagai suatu kerendahan baginya, seolah yang harus melakukan adalah orang-orang rendahan. Padahal melayani inilah sesungguhnya misi mulia yang sebenarnya diamanahkan Allah kepada setiap hamba-Nya yang hidup di dunia ini, sebagai "Khalifah" di bumi.

Menjadi pemimpin yang rendah hati dan mengedepankan kesederhanaan adalah landasan bagi keberhasilan yang penuh makna. Dalam dunia bisnis misalnya, kita dapat belajar dari para pemimpin bisnis atau CEO dunia seperti Konosuke Matsushita, Soichiro Honda, Anita Rhodick dan lainnya. Dalam kehidupan kita mengenal para pelopor kehidupan seperti Mahadma Gandhi, Bunda Therea, Imam Al-Gazali dan lain sebagainya. Mendengar nama-nama mereka semua sungguh menggetarkan hati kita semua. Apakah mereka semuanya berhasil karena kepemimpinan dengan kemewahannya ? Belajar dari kisah sukses mereka, kita akan menemukan sikap yang rendah hati, sikap sederhana dan senang melayani orang lain. Mereka senang mengabdikan hidupnya untuk melayani dan menyumbangkan hartanya untuk kemanusiaan. Kebajikan yang diwariskan dari kepemimpinan menjadikan nama-nama mereka dikenang harum sampai sekarang.

Memang tidak mudah untuk selalu rendah hati dan memiliki mentalitas melayani dari hati. Apalagi kalau kita memiliki kedudukan sebagai eksekutif, CEO, pemimpin Bisnis, pemimpin pemerintahan, pemimpin masyarakat atau pemimpimpin lainnya yang memiliki kesempatan dilayani dengan kemewahan yang terbuka di depan mata. Kalau manusia terjebak pada dorongan memperturutkan kepentingan nafsu duniawi dan egoisme pribadi semata, pasti akan mementingkan kepentingan sendiri dan maunya justru dilayani dengan kemewahannya.


Seorang pemimpin yang rendah hati dalam bekerja ia akan senantiasa berpikir bagaimana dapat mensejahterakan anggota yang dipimpinnya. Pemimpin yang baik dapat menjadi teladan dan menginspirasi anggotanya untuk mengembangkan nilai-nilai pelayanan dari dalam hati. Sehingga anggota organisasipun dalam bekerja juga berpikir bagaimana bisa memberikan layanan terbaik, memberikan kontribusi terbaik melalui peran pekerjaannya dalam organisasinya. Karena setiap orang yang melayani dengan ikhlas berarti telah berpartisipasi menebar rahmat ke seluruh alam. Itulah tugas terhormat seorang pemimpin.

Menjadi pemimpin yang rendah hati memerlukan kesadaran kita untuk mau melakukan transformasi diri dengan mengubah pusat diri yang sebelumnya egoisme dan hawa nafsu, diganti dengan kebeningan hati nurani. SEMOGA BERMANFAAT !


Disadur dari :Buku "The Art of Life Revolution" dan Buku "Heart Revolution, Revolusi Hati Nurani", karya Eko Jalu Santoso seorang founder motivasi Indonesia.

sumber : http://niatkjx.blogspot.com/2009/10/artikel-menjadi-seorang-pemimpin-yg.html

Kamis, 19 Mei 2011

What Makes a Good Leader

It goes without saying that good leadership is crucial to any successful business. But, what makes a good leader and how can someone develop himself or herself into a good leader if they are not one to begin with? The answer is that there are many factors that contribute to good leadership. And, whether someone is naturally a good leader or not, anyone can become a good leader.
Get To Talking
One of those factors of good leadership is communication. Communication is one of the most key elements of leadership. Good communication skills need to be learned to effectively become a good leader or manager. When communication occurs, as a leader, you will be able to accurately convey your ideas and thoughts to those that work for you. In fact, simply being able to convey these things in the first place, much less accurately, puts you in the right direction for leadership. If employees have no idea what is on your mind, your leadership is going to falter. Employees are not typically mind readers.
If there is a problem a certain employee is experiencing, good communication can filter the problem out. You, as a leader, can dissect the problem and offer solutions in various ways.
Ideas that are given to employees work both ways, as well. Employees can give helpful feedback and generate new ideas to you that help the company as well, when good communication is present.
Get Something Moving
Motivation is another variable that plays into good leadership. Employees tend to stagnate when motivation decreases and it will decrease, without proper motivation. Many leaders try to motivate the old-fashioned way through fear. (Do what I say or something bad will happen) This is not advisable, since it tends to only deliver short-term results and cause even less competent work in the long run, due to resentment resulting from the fear tactics.
Instead, try adding challenges for employees. A fresh challenge always adds excitement and spawns creativity. Challenge your employees with tasks that may be slightly out of their range and let them at it! This increases motivation.
If they run into a snag, guide them towards a solution but don't offer the actual solution outright. Coach them into discovering the solution themselves. Once they have, their self-esteem will rise, thereby raising their motivation level.
Two Heads Are Better Than One
Teamwork is always something to consider when striving to become a good leader. This means not only teaching your employees to work together but to become part of the team yourself.
Use others potential. Many times, employees potential is wasted. A good leader recognizes that his or her employees are more than just employees, they are people too. These people have lives outside of work where they have to make decisions on a daily basis, from how to deal with house payments, to car bills, to raising children, to uncountable tasks in everyday lives. Yet, at work, their decision making skills are not trusted enough to choose what type of toner needs to be ordered for a set of printers.
The point here is that employees need to be trusted to do more. A good leader doesn't manage every single detail. Use others potential to your benefit. You will find that you have become a better leader for it.
Back to School
As always, increasing your education is definitely a good thing when trying to improve leadership, but the school that really needs to be brought at attention here is the kind of school that you don't get a degree for.
Take the time to learn as much about your position of being a leader as possible. Do some reading at the nearest bookstore. Talk to other leaders and see how they do things; trade notes. The more you continually evaluate yourself and your practices and search for as much information on leadership as possible, the more you will be able to keep up with changing times and the better leader you will be for it.

By : Myron Curry

Sumber : BusinessTrainingMedia.com

Senin, 16 Mei 2011

Rahasia Kepemimpinan


Dalam suatu organisasi apapun, kepemimpinan memegang peran yang penting. Bahkan segala sesuatu akan bangkit dan jatuh karena kepemimpinan. Salah satu konsep kepemimpinan yang ditawarkan oleh praktisi manajemen di Amerika adalah konsep SERVE yang dalam bahasa Indonesia berarti Melayani. Konsep utamanya ialah bahwa, apapun jabatan atau kedudukan formalnya, orang-orang yang ingin menjadi pemimpin besar harus mempunyai sikap melayani orang lain. Melalui buku “The Secret – Rahasia Kepemimpinan” oleh Ken Blanchard dan Mark Miller, konsep SERVE dijelaskan secara singkat tapi lugas. Berikut cuplikan buku tersebut yang secara kebetulan buku tersebut adalah kado ulang tahun  dari staf saya, Dini Wulansari.

SERVE sendiri merupakan singkatan dari lima kata kunci yaitu:
S- See the Future (Melihat Masa Depan)
E- Engage and Develop Others (Libatkan dan Kembangkan Orang Lain)
R- Reinvent Continuously (Temukan Kembali Terus Menerus)
V- Value Results and Relationship (Hargai Hasil dan Hubungan)
E- Embody The Values (Mewujudkan Nilai)

Huruf pertama S- See the Future mempunyai makna bahwa para pemimpin harus bersedia dan sanggup membantu orang-orang yang mereka melihat tujuannya, dan juga keuntungan-keuntungan melangkah kearah sana. Setiap orang perlu melihat dirinya, kemana mereka pergi, dan apa yang akan menuntun perjalanan mereka.

Huruf kedua E dalam SERVE menjelaskan bahwa Engange and Develop Others (Libatkan dan Kembangkan Orang Lain) ada dua hal yaitu pertama, merekrut atau memilih orang yang tepat untuk tugas yang tepat. Itu berarti mempunyai pemain-pemain yang tepat dalam suatu tim. Kedua, lakukan apapun yang diperlukan untuk melibatkan hati dan kepala orang-orang tersebut. Dalam sejarah, banyak pemimpin telah menggunakan tangan dan yang lain tidak sama sekali. Barangkali dari sanalah istilah hired hands (orang upahan) berasal.

Kemudian ada huruf R singkatan dari Reinvent Continuously. Disinilah nilai kreativitas pemimpin dilihat. Pemimpin harus bersedia menemukan kembali setidaknya ada tiga tahap. Tahap pertama, bersifat pribadi. Beberapa pertanyaan utama yang harus diajukan adalah “Bagaimana saya belajar dan tumbuh sebagai seorang pemimpin?” “Apa yang saya lakukan untuk mendorong orang-orang dalam kelompok saya agar terus menerus belajar dan menemukan kembali diri sendiri?”. Tingkat penemuan kembali yang kedua adalah sistem dan proses. Pertanyaan untuk diri sendiri dan anak buah kita adalah “Bagaimana kita melakukan pekerjaan tersebut?” Bagaimana kita dapat melakukannya dengan lebih baik? Perubahan apa saja yang akan meningkatkan kemampuan kita untuk melayani pelanggan dan juga satu sama lain? Akhirnya yang ketiga, melibatkan struktur organisasi iu sendiri. Pertanyaan yang baik yang diajukan disini adalah,”Perubahan struktur mana saja yang perlu kita tempuh untuk menjadi lebih efisien dan efektif?”

Huruf V adalah singkatan dari Value Results and Relationship (Hargai Hasil dan Hubungan) Kita harus menghargai pelanggan kita lebih dahulu, dan nilai itu akan menuntun perilaku kita dan menjamin keberhasilan kita terus menerus. Apa yang tidak dimengerti kebanyakan orang ialah bahwa mereka dapat meraup hasil keuangan yang lebih tinggi kalau mereka mempunyai hubungan yang baik. Kita harus meningkatkan nilai hubungan dengan seorang mitra seperti halnya dengan hasil. Memimpin pada tingkat yang lebih tinggi mencakup hasil maupun hubungan.

Huruf E terakhir ialah Embody The Values (Mewujudkan Nilai) Ini adalah sesuatu yang mendasar dan berlangsung terus menerus. Kalau kita kehilangan kredibilitas sebagai pemimpin, potensi kepemimpinan kita akan sangat terbatas. Kita harus melakukan lebih daripada sekedar merumuskan nilai-nilai tersebut, kita tidak boleh hanya mengucapkannya, kita harus memperlihatkannya. Semua kepemimpinan sejati dibangun di atas kepercayaan. Salah satu adalah hidup konsisten dengan nilai-nilai yang kita akui. Kalau dikatakan bahwa pelanggan adalah penting, tindakan-tindakan kita seharusnya lebih mendukung pernyataan tersebut. Jika kita memilih untuk hidup seolah-olah pelanggan tidak penting, orang-orang akan mempunyai alasan untuk mempertanyakan kelayakan kita untuk dipercaya.

Akhirnya, bagi para pemimpin yang memimpin dengan tidak didasarkan pada kekuasaan atau jabatan sebaliknya, kepemimpinan yang lahir dari hati yang melayani, maka merekalah ilham bagi semua orang dan bagi calon pemimpin masa depan. 

 oleh : R.Priyoko Prayitnoadi, M.Eng

Sumber: Blanchard, Miller, The Secret – Rahasia Kepemimpinan, Elex Media Komputindo, Jakarta 2005. dan www.polman-timah.ac.id/artikel/Rahasia%20Kepemimpinan.doc

Leadership style

Leadership style is the manner and approach of providing direction, implementing plans, and motivating people. Kurt Lewin (1939) led a group of researchers to identify different styles of leadership. This early study has been very influential and established three major leadership styles. The three major styles of leadership are (U.S. Army Handbook, 1973):
  • Authoritarian or autocratic
  • Participative or democratic
  • Delegative or Free Reign
Although good leaders use all three styles, with one of them normally dominant, bad leaders tend to stick with one style.

Authoritarian (autocratic)

Leadership Style - Authoritarian
I want both of you to. . . This style is used when leaders tell their employees what they want done and how they want it accomplished, without getting the advice of their followers. Some of the appropriate conditions to use it is when you have all the information to solve the problem, you are short on time, and your employees are well motivated.
Some people tend to think of this style as a vehicle for yelling, using demeaning language, and leading by threats and abusing their power. This is not the authoritarian style, rather it is an abusive, unprofessional style called “bossing people around.” It has no place in a leader's repertoire.
The authoritarian style should normally only be used on rare occasions. If you have the time and want to gain more commitment and motivation from your employees, then you should use the participative style.

Participative (democratic)

Leadership Style - Participative
Let's work together to solve this. . . This style involves the leader including one or more employees in the decision making process (determining what to do and how to do it). However, the leader maintains the final decision making authority. Using this style is not a sign of weakness, rather it is a sign of strength that your employees will respect.
This is normally used when you have part of the information, and your employees have other parts. Note that a leader is not expected to know everything — this is why you employ knowledgeable and skillful employees. Using this style is of mutual benefit — it allows them to become part of the team and allows you to make better decisions.

Delegative (free reign)

Leadership Style - Delegative
You two take care of the problem while I go. . . In this style, the leader allows the employees to make the decisions. However, the leader is still responsible for the decisions that are made. This is used when employees are able to analyze the situation and determine what needs to be done and how to do it. You cannot do everything! You must set priorities and delegate certain tasks.
This is not a style to use so that you can blame others when things go wrong, rather this is a style to be used when you fully trust and confidence in the people below you. Do not be afraid to use it, however, use it wisely!
NOTE: This is also known as laissez faire (or lais·ser faire), which is the noninterference in the affairs of others. [French : laissez, second person pl. imperative of laisser, to let, allow + faire, to do.]

Forces

Forces influencing leadership styles
A good leader uses all three styles, depending on what forces are involved between the followers, the leader, and the situation. Some examples include:
  • Using an authoritarian style on a new employee who is just learning the job. The leader is competent and a good coach. The employee is motivated to learn a new skill. The situation is a new environment for the employee.
  • Using a participative style with a team of workers who know their job. The leader knows the problem, but does not have all the information. The employees know their jobs and want to become part of the team.
  • Using a delegative style with a worker who knows more about the job than you. You cannot do everything and the employee needs to take ownership of her job! In addition, this allows you to be at other places, doing other things.
  • Using all three: Telling your employees that a procedure is not working correctly and a new one must be established (authoritarian). Asking for their ideas and input on creating a new procedure (participative). Delegating tasks in order to implement the new procedure (delegative).
Forces that influence the style to be used included:
  • How much time is available.
  • Are relationships based on respect and trust or on disrespect?
  • Who has the information — you, your employees, or both?
  • How well your employees are trained and how well you know the task.
  • Internal conflicts.
  • Stress levels.
  • Type of task. Is it structured, unstructured, complicated, or simple?
  • Laws or established procedures such as OSHA or training plans.

Positive and Negative Approaches

There is a difference in ways leaders approach their employee. Positive leaders use rewards, such as education, independence, etc. to motivate employees. While negative employers emphasize penalties. While the negative approach has a place in a leader's repertoire of tools, it must be used carefully due to its high cost on the human spirit.
Negative leaders act domineering and superior with people. They believe the only way to get things done is through penalties, such as loss of job, days off without pay, reprimanding employees in front of others, etc. They believe their authority is increased by frightening everyone into higher levels of productivity. Yet what always happens when this approach is used wrongly is that morale falls; which of course leads to lower productivity.
Also note that most leaders do not strictly use one or another, but are somewhere on a continuum ranging from extremely positive to extremely negative. People who continuously work out of the negative are bosses while those who primarily work out of the positive are considered real leaders.

Use of Consideration and Structure

Two other approaches that leaders use are:
Consideration (employee orientation) — leaders are concerned about the human needs of their employees. They build teamwork, help employees with their problems, and provide psychological support.
Structure (task orientation) — leaders believe that they get results by consistently keeping people busy and urging them to produce.
There is evidence that leaders who are considerate in their leadership style are higher performers and are more satisfied with their job (Schriesheim, 1982).
Also notice that consideration and structure are independent of each other, thus they should not be viewed on opposite ends of a continuum. For example, a leader who becomes more considerate, does not necessarily mean that she has become less structured.
See Blake and Mouton's Managerial Grid as it is also based on this concept.

Paternalism

Paternalism has at times been equated with leadership styles. Yet most definitions of leadership normally state or imply that one of the actions within leadership is that of influencing. For example, the Army uses the following definition:
Leadership is influencing people — by providing purpose, direction, and motivation — while operating to accomplish the mission and improving the organization.
The Army further goes on by defining “influence” as:

a means of getting people to do what you want them to do. It is the means or method to achieve two ends: operating and improving. But there is more to influencing than simply passing along orders. The example you set is just as important as the words you speak. And you set an example — good or bad — with every action you take and word you utter, on or off duty. Through your words and example, you must communicate purpose, direction, and motivation.

While “paternalism” is defined as (Webster):

a system under which an authority undertakes to supply needs or regulate conduct of those under its control in matters affecting them as individuals as well as in their relationships to authority and to each other.

Thus paternalism supplies needs for those under its protection or control, while leadership gets things done. The first is directed inwards, while the latter is directed outwards.
Geert Hofstede (1977) studied culture within organizations. Part of his study was on the dependence relationship or Power Difference — the extent to which the less powerful members of an organization expect and accept that power is distributed unequally. Hofstede gave this story to illustrate this Power Difference:
The last revolution in Sweden disposed of King Gustav IV, whom they considered incompetent, and surprising invited Jean Baptise Bernadotte, a French general who served under Napoleon, to become their new King. He accepted and became King Charles XIV. Soon afterward he needed to address the Swedish Parliament. Wanting to be accepted, he tried to do the speech in their language. His broken language amused the Swedes so much that they roared with laughter. The Frenchman was so upset that he never tried to speak Swedish again.
Bernadotte was a victim of culture shock — never in his French upbringing and military career had he experienced subordinates who laughed at the mistakes of their superior. This story has a happy ending as he was considered very good and ruled the country as a highly respected constitutional monarch until 1844. (His descendants still occupy the Swedish throne.)
Sweden differs from France in the way its society handles inequality (those in charge and the followers). To measure inequality or Power Difference, Hofstede studied three survey questions from a larger survey that both factored and carried the same weight:
  • Frequency of employees being afraid to express disagreement with their managers.
  • Subordinates' perception of their boss's actual decision making style (paternalistic style was one choice).
  • Subordinates' preference for their boss's decision-making style (again, paternalistic style was one choice).
He developed a Power Difference Index (PDI) for the 53 countries that took the survey. Their scores range from 11 to 104. The higher the number a country received, the more autocratic and/or paternalistic the leadership, which of course relates to employees being more afraid or unwilling to disagree with their bosses. While lower numbers mean a more consultative style of leadership is used, which translates to employees who are not as afraid of their bosses.
For example, Malaysia has the highest PDI score, being 104, while Austria has the lowest with 11. And of course, as the story above illustrates, Sweden has a relative low score of 31, while France has a PDI of 68. The USA's is 40. Note that these scores are relative, not absolute, in that relativism affirms that one culture has no absolute criteria for judging activities of another culture as “low” or “noble”.



Leadership StylePower Difference Index - s
Keeping the above in mind, it seems that some picture paternalistic behavior as almost a barbaric way of getting things accomplished. Yet, leadership is all about getting things done for the organization. And in some situations, a paternalistic style of decision-making might be required; indeed, in some cultures and individuals, it may also be expected by not only those in charge, but also the followers. That is what makes leadership styles quite interesting — they basically run along the same continuum as Hofstede's PDI, ranging from paternalistic to consultative styles of decision making. This allows a wide range of individual behaviors to be dealt with, ranging from beginners to peak performers. In addition, it accounts for the fact that not everyone is the same.
However, when paternalistic or autocratic styles are relied upon too much and the employees are ready and/or willing to react to a more consultative type of leadership style, then it normally becomes quite damaging to the performance of the organization.


sumber : www.nwlink.com/~donclark/leader/leadstl.html